Tuesday, February 28, 2017

Perspektif & Persepsi

Hoy!

Hahah! Ketebak yak, last minute deui aing mah..

Coba-coba, sekarang bahasannya jangan student life dulu, ganti yang agak seriusan dikit, dikit aja, jangan banyak-banyak.


Well, speaking about Perspektif, sudut pandang, terkadang memang jadi bahan perdebatan tentang suatu masalah. Masalahnya mungkin cuma satu, tapi kita yang melihat kan dari berbagai macam perspektif, dan sayangnya terkadang pihak-pihak yang penuh dengan judgement itu justru ga tau inti permasalahannya. Perspektif yang berbeda-beda inilah yang biasanya jadi perdebatan, semuanya merasa paling benar melalui perspektif masing-masing. Karena perspektif itu merupakan hak dari masing-masing individu, maka ada baiknya kita menghargai perbedaan dengan tidak memaksakan orang lain untuk mengikuti cara pandang kita terhadap suatu hal, biarkan masing-masing dari kita berdiri di atas perpektif masing-masing.

Perspektif yang berbeda-beda inilah yang nantinya membentuk persepsi, ketika seseorang memandang sesuatu dimana lebih banyak sudut pandang negatif, maka akan terbentuklah persepsi yang negatif terhadap hal tersebut, begitupun sebaliknya. Dimana kita berdiri menentukan sudut pandang kita, dan dimana sudut pandang kita menentukan apa yang ada di pikiran kita. Terlalu banyak orang-orang yang mengambil penilaian tanpa mengetahui masalahnya, terkadang bahkan penilaian tersebut merugikan orang lain, kerugian yang sebenarnya tidak perlu jika kita mengetahui duduk permasalahannya.

Pada akhirnya, silakan kita memanfaatkan kemampuan kita untuk mengambil sisi di sebalah mana kita berdiri terhadap suatu hal, dan bagaimana kita memandangnya. Namun, sebisa mungkin, pahami permasalahannya, hindari judgement yang terlalu dini, dan jangan sampai merugikan orang lain.

Jangan Baper!


Cheers,
Wira

No comments:

Post a Comment